Categories

Wednesday, November 25, 2009

Mengenali Ragam Buah di Taman Wisata Mekarsari

Bogor - Ingin mengenali aneka jenis buah-buahan yang ada di Indonesia? Coba ajak keluarga Anda ke Taman Wisata Mekarsari, Cileungsi, Bogor.

Lokasi wisata ini boleh dibilang sangat cocok untuk mengenalkan keanekaragaman hayati (plasma nutfah) buah-buahan tropis terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikoleksi dari seluruh daerah di Indonesia.

Taman wisata yang diresmikan sejak 1995 itu juga melakukan penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

Di atas tanah seluas 264 hektare ini juga dilengkapi sarana wisata untuk wisatawan nusantara maupun mancanegara. Wisata di tengah taman buah didukung berbagai wahana yang mendekatkan pengunjung kepada alam, seperti: Family Garden, Rekreasi Danau (20 ha), Baby Zoo, Rusa Tutul, Garden Center, Greenhouse Melon, Outbound, Bunga Bangkai, Kids Fun Valley, Menara Pandang, dan Bangunan Air Terjun (Puri Tirto Sari).

Sejumlah kegiatan yang menjadi favorit pengunjung antara lain: company gathering, piknik keluarga, wisata petik buah dan sayur, barbeque, senam pagi, dan fruitwalk (jalan-jalan di kebun buah).

Untuk masuk ke Taman Wisata Mekarsari, Anda hanya diwajibkan membayar tiket masuk seharga Rp10.000 untuk dewasa dan Rp 9.000 untuk anak-anak. Adapun untuk berkeliling melihat seluruh fasilitas kebun buah, Anda bisa menggunakan kereta keliling dengan membayar Rp3.000/orang.

Dengan kereta itu, Anda dan anak boleh berhenti di tempat-tempat wisata yang diinginkan dan melanjutkan perjalanan dengan kereta berikut tanpa dipungut bayaran lagi. Jika kebun buah yang didatangi sedang panen, pengunjung boleh membeli dengan memetik langsung buah di pohon. Sementara jika sedang tidak panen atau lewat waktu panen, pengunjung bisa membeli buah di kios yang ada di kebun atau di toko buah di areal Graha Krida Sari (gedung pusat informasi).

Taman Buah Mekarsari menyediakan fasilitas belajar menanam bagi anak-anak. Anak akan diberi satu pot, media tanam, alat-alat menanam, dan pohon yang akan ditanam. Anak akan diajarkan bagaimana pohon yang ada di kantong tanam plastik (polybag) dipindahkan ke pot. Setelah itu, pohon hasil tanamnya boleh dibawa pulang.

Anak-anak Anda juga bisa mengunjungi kebun binatang kecil dan naik kuda, atau bermain di taman bermain. Ibu bisa memetik sayuran di kebun sayur, seperti terong dan kacang panjang, sedangkan ayah bisa memancing. Tiket masuk ke taman keluarga ini Rp3.000 per orang, sewa pancing dan umpan Rp6.000, sedangkan sayur hasil petikan dan ikan hasil pancingan ditimbang untuk kemudian dibayar.

by. Liana Garcia

No comments: