Categories

Wednesday, February 24, 2010

Petani dan Kasus Century

Jakarta - Kata "rakyat" begitu ampuh "mengharubirukan" suasana batin publik. Dengan itu pula, seorang petani, yang jangankan punya rekening, untuk makan saja masih susah, ikut-ikutan puyeng. "Itu kan uang rakyat yang dirampok," katanya merujuk pada dana bailout sebesar Rp 6,7 triliun untuk Bank Century. Tetapi sesungguhnya ada kegundahan lain. Jika Rp 6,7 triliun itu kembali, apakah ia dinikmati oleh rakyat atau lagi-lagi cuma berputar untuk kelompok konglomerat. Entah siapa lagi yang tertular. Ini pertanyaan penting di balik kegigihan penyelesaian kasus Century. Ya, sebuah pertanyaan tentang masa depan.

Indonesia-Amerika Siapkan Perjanjian Ekonomi "salah satunya sektor pertanian"

TEMPO Interaktif, Jakarta - Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat tengah menyiapkan kerangka perjanjian kerja sama ekonomi. Penekenan perjanjian itu merupakan salah satu agenda kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada 20-22 Maret mendatang.

Pertanian Butuh Pengetahuan

Di antara hasil yang paling menarik dari KTT APEC di Singapura beberapa waktu lalu adalah pengakuan tentang perlunya paradigma baru dalam pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ini, kata mereka, harus didukung oleh inovasi dan ekonomi berbasis pengetahuan untuk memastikan pemulihan yang tahan lama yang akan menciptakan lapangan kerja dan bermanfaat bagi masyarakat.