Categories

Wednesday, April 14, 2010

Khasiat Jagung Oranye untuk Mengatasi Kebutaan

West Lafayette - Apa beda jagung kuning dan jagung oranye? Beruntunglah negara kita, juga negara-negara di Asia pada umumnya, yang banyak tumbuh jagung berwarna oranye. Ternyata jagung oranye lebih kaya bahan vitamin A dibanding jagung kuning atau putih. Warna oranye berasal dari karotenoid kadar tinggi, salah satunya adalah beta-karoten. Di dalam pencernaan, manusia mengubah beta-karoten, yang juga berlimpah di wortel, menjadi vitamin A.

Torbert Rocheford, profesor agronomi di Universitas Purdue, West Lafayette, Indiana, Amerika Serikat, memimpin penelitian kandungan jagung ini yang dikaitkan dengan tingkat kebutaan dan kematian anak.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahun, antara 250 ribu dan 500 ribu anak-anak - kebanyakan di Afrika dan Asia Tenggara - mengalami kebutaan karena kekurangan vitamin A. Kata Rocheford meningkatkan kadar beta-karoten dalam biji-bijian, seperti jagung, adalah sebuah pendekatan ekonomis untuk mengatasi masalah kebutaan dan menurunkan tingkat kematian di negara berkembang.

Rocheford mengatakan gen beta-carotene hydroxylase 1 (crtR-B1) mengubah beta-karoten pada jagung yang mengurangi aktivitas pro-vitamin A. Melalui sebuah proses yang dikenal sebagai hidroksilas, beta-karoten diubah menjadi karotenoid lain yang dapat mengurangi jumlah pro-vitamin A. Mengurangi fungsi gen crtR-B1 akan mengurangi hidroksilas.

Penelitian Rocheford akan terus mencari cara untuk meningkatkan kandungan gizi jagung. Upaya yang akan dilakukan berikutnya adalah mendapatkan gen lain yang bisa meningkatkan pro-vitamin A pada jagung. Tantangan lain, kata dia, adalah memperkenalkan varietas jagung baru ke konsumen.

ScienceDaily/Ngarto Februana

1 comment:

http://info-perkebunan.blogspot.com/ said...

Aiiih..memang hasil dari bumi pertiwi selalu yang terbaik...lalu mengapa kita kadang membanggakan produk orang lain...ccck...ccck....ter..la..lu..

Terima kasih informasinya mas...
ditunggu informasi lainnya...